Header Ads

test

Makalah Ejaan Dalam Bahasa Indonesia

Blog Bagus - Jika beberapa waktu yang lalu saya memeberikan info mengenai trik dan tips bahkan tutorial sederhana tentang permasalahan seputar komputer, kali ini saya akan mencoba berbagi makalah, modul pembelajaran, dan hasil praktek mengenai mata kuliah yang sedang saya jalani. 

Saya anak kuliah malam, hampir semua tugas saya coba cari di internet dari  berbagai sumber dan referensi. Di Blog Bagus ini saya rangkum semua dari hasil pencarian dalam bentuk file document. Sehingga anda dapat mengunduh/mendownload nya secara GRATIS dan menggunakan nya sebagai bahan template bilamana anda juga seorang mahasiswa dan juga pekerja. Yang notabene nya sangat sulit membagi waktu untuk mengerjakan tugas. 



Kata “ejaan” berasal bari bahasa arab hija’ menjadi eja yang mendapat akhiran –an. Hakikat bahasa adalah bahasa lisan. Bahasa tulis merupakan turunan dari bahasa lisan. Perbedaan antara ragam tulisan lisan adalah bahasa lisan terutama yang tidak baku, sangat simpel. Setelah Islam datang, di Nusantara digunakan huruf arab untuk menulis bahasa Melayu. Pada 1901 pertama kali penggunaan huruf latin untuk bahasa Melayu. Ejaan ini dikenal dengan ejaan Van Ophuijsen.

Menurut KBBI (2005: 285) ejaan dalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dsb) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. 

Ejaan adalah seperangkat aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, kata, dan tanda baca sebagai sarananya. Batasan tersebut menunjukan pengertian kata ejaan berbeda dengan kata mengeja. Mengeja adalah kegiatan melafalkan huruf, suku kata, atau kata; sedangkan ejaan adalah suatu sistem aturan yang jauh lebih luas dari sekedar masalah pelafalan. Ejaan dalam bahasa indonesia mengatur keseluruhan cara menuliskan bahasa.


Anda dapat mengunduh file makalah ini dalam bentuk document melalui link download dibawah ini

No comments